Ditulis pada tanggal 23 February 2018, oleh admin, pada kategori Berita Terbaru

Purworejo (21/01) – Pramuka dalam Kurikulum 2014 merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler wajib disetiap sekolah. Dalam meningkatkan mutu pendidikan peserta didik Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purworejo (PGSD UMP) menyiapakan pembina Pramuka yang profesional dan handal melalui Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) .

Titi Anjarini selaku ketua panitia kegiatan menyampaikan “Kegiatan KMD PGSD mengambil tema Wujud Nyata Membentuk Pembina Pramuka yang Handal dan Profesional sebagai Tonggak Pembentukan Karakter Bangsa yang harapannya mampu menjadi pendidik yang handal dan dalam kesempatan ini pelatih kursus dari Kwarcab Purworejo serta panitia kegiatan dari Racana UMP ”

Suasana kegiatan dalam ruangan Kampus Plaosan UMP

“KMD PGSD dilaksanakan tanggal 17-21 Januari 2018 dengan diikuti 125 mahasiswa semester 3, 3 hari dalam ruangan di Kampus Plaosan Universitas Muhammadiyah Purworejo dan 2 hari di Lapangan Desa Golog Banyuurip” dalam hal ini disampaikan Eko Gusnawan, S.Pd., selaku wakil pimpinan kursus.

Penyematan tanda peserta

Pada kesempatan itu Dra Titik Mintarsih, M.Pd., selaku ketua pimpinan khusus didampingi oleh Drs.Supriyono Rektor Universitas Muhammadiyah Purworejo membuka kegiatan KMD dengan secara simbolis ditandai dengan pemukulan Gong. Dalam sambutannya Rektor Universitas Muhammadiyah Purworejo memberikan apresiasi yang besar kepada peserta kursus, Kepanduan Pramuka merupakan salah satu matu kuliah wajib yang harus diambil mahasiswa PGSD akan tetapi para Mahasiswa mengikutinya bukan karena semata-mata tuntutan nilai.

Rangkaian kegiatan KMD selain materi tetapi juga praktek lapangan seperti halnya Pendirian tenda, Latihan upacara memakai, tongkat, pentas seni, Latihan upacara api unggun, management game serta senam Pramuka.

 

Back to top