Ditulis pada tanggal 3 May 2018, oleh admin, pada kategori Berita Terbaru

PGSD UM PURWOREJO MEMOTIVASI SISWA SMA/SMK
UNTUK BELAJAR DI PERGURUAN TINGGI

Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada 2 Mei 2018 memang telah usai, namun tidak mematahkan semangat mahasiswa PGSD UM Purworejo untuk memberikan motivasi siswa siswi SMA/SMK untuk belajar ke bangku perguruan tinggi. Momentum ini juga berkaitan dengan dilangsungkannya wisuda SMA/SMK di kawasan Purworejo. Momentum Hari Pendidikan kali ini yaitu tanggal 3 Mei 2018 selain untuk mengenang Hari Pendidikan secara nasional, acara tersebut dimanfaatkan program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UM Purworejo untuk memotivasi siswa lululusan SMA/K agar terus mau belajar ke perguruan tinggi salah satu Perguruan Tinggi yang lokasinya dekat yaitu di Kabupaten Purworejo, adalah Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai Lembaga Pencetak Tenaga Kerja (LPTK) memberikan kesempatan belajar bagi para lulusan SMA/K untuk belajar setinggi-tingginya salah satu menjadi guru sekolah dasar.
Menjadi guru sekolah dasar merupakan profesi yang sangat mulia karena ikut berperan mencerdaskan kehidupan bangsa. Profesi guru yang harapannya dapat mencetak calon guru sekolah dasar yang berkompeten di bidangnya. Menurut beberapa dosen PGSD menyampaikan bahwasanya selain memberikan motivasi siswa SMA/K untuk terus belajar. Acara tersebut sekaligus sebagai wahana untuk mengenalkan program studi PGSD ke SMA/K di kawasan Purworejo. “Acara ini dilakukan di beberapa sekolah SMA dan SMK di kawasan Purworejo yang melibatkan duta-duta terbaik mahasiswa PGSD UMP, dengan memberikan brosur, kalender dan coklat untuk memberikan motivasi sebagai simbol ucapan selamat atas kelulusan yang dicapai. Selain itu juga dilakukan di beberapa sekolah dasar apresiasi hari pendidikan nasional yang diberikan kepada guru dan siswa” papar salah satu dosen.
Inisiatif apresiasi mahasiswa PGSD ini disambut positif oleh salah satu siswa SMA Negeri 11 Purworejo, bahwa acara yang diselenggarakan oleh prodi PGSD sangat bagus dan inspiratif karena sebagai bentuk penghargaan dan motivasi siswa atas prestasi yang diraihnya.
“Bagi mahasiswa, momen ini sangatlah tepat karena selain sebagai calon guru diharapkan juga dapat menjadikan mahasiswa pandai berkomunikasi dan bersosialisasi dengan masyarakat secara luas untuk mewujudkan pendidik yang tidak hanya cerdas dari sisi akademik. Namun, juga memiliki kompetensi bersosialisasi yang baik” papar Titi Anjarini MPd selaku Kaprodi PGSD UMP (3 Mei 2018).

Back to top