Ditulis pada tanggal 22 May 2017, oleh admin, pada kategori Berita Terbaru

Purworejo(2/5/17)- Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada 2 Mei 2017 hari ini sekaligus bertepatan dengan diumumkannya kelulusan SMA/K di Kabupaten Purworejo. Momentum Hari Pendidikan kali ini selain untuk mengenang Hari Pendidikan secara nasional, acara tersebut dimanfaatkan program studi yang belum genap 1 tahun yakni Program Studi Pendiidkan Guru Sekolah Dasar UM Purworejo untuk mengajak siswa lululusan SMA/K agar terus mau belajar setinggi-tingginya seperti yang dicanangkan oleh UNESCO yaitu long life education (red-pendidikan sepanjang hayat). Maka dari itu, Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai Lembaga Pencetak Tenaga Kerja (LPTK) memberikan kesempatan belajar bagi para lulusan SMA/K untuk belajar setinggi-tingginya salah satu menjadi guru sekolah dasar. Menjadi guru sekolah dasar merupakan profesi yang sangat mulia karena ikut berperan mencerdaskan kehidupan bangsa. Selain itu, profesi guru sekolah dasar dalam waktu yang akan datang sangat prospektif dikarena undang-undang guru tahun 2005 telah mencanangkan adanya sertifikasi guru bagi yang profesional dan adanya tunjangan kesejahteraan yang memadai. Ditambah lagi Informasi dari Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Purworejo tahun 2017 bahwa sesuai dengan peta kebutuhan guru masa depan di kabupaten Purworejo, dalam beberapa tahun mendatang dibutuhkan dalam jumlah yang besar guru sekolah dasar (SD). Hal ini disebabkan banyak guru sekolah dasar senior yang purna tugas atau memasuki masa pensiun.

Menurut Suyoto, M.Pd.selaku dosen PGSD yang juga ketua panitia acara menyampaikan bahwasanya selain menyadarkan siswa SMA/K untuk terus belajar. Acara tersebut sekaligus sebagai ajang sosialisasi prodi PGSD ke SMA/K. “Acara apresiasi Hari Pendidikan Nasional sekaligus sosialisasi prodi PGSD dilakukan di 15 SMA/K Purworejo yang melibatkan duta-duta terbaik mahasiswa PGSD UMP, dengan memberikan bunga, stiker, souvenir, brosur dll sebagai simbol ucapan selamat atas kelulusan yang dicapai. Selain itu juga dilakukan di beberapa sekolah dasar apresiasi hari pendidikan nasional yang diberikan kepada guru dan siswa” paparnya.

Inisiatif apresiasi mahasiswa PGSD ini disambut positif oleh Heri, S.Pd salah satu guru SMK Muhammadiyah Purwodadi, bahwa acara yang diselenggarakan oleh prodi PGSD sangat bagus dan inspiratif karena sebagai bentuk penghargaan atau pujian siswa atas prestasi yang diraihnya.

“Bagi mahasiswa, momen ini sangatlah tepat karena selain sebagai calon guru diharapkan juga dapat menjadikan mahasiswa pandai bersosialisasi dengan masyarakat secara luas untuk mewujudkan pendidik yang tidak hanya cerdas dari sisi akademik. Namun, juga memiliki kompetensi bersosialisasi yang baik” papar Titi Anjarini, M.Pd selaku Kaprodi PGSD UMP.

Hingga saat ini, UM Purworejo memiliki 4 Fakultas  dengan 15 program studi yang telah berakreditasi institusi B yang salah satunya Prodi PGSD. “Semoga dengan langkah kecil dan sederhana semacam sosialisasi oleh mahasiswa Prodi PGSD dalam rangka HARDIKNAS kali ini dapat memberikan pemahaman dan informasi keberadaan Prodi PGSD UMP. Walaupun merupakan prodi baru yang belum genap berusia satu tahun, memiliki jumlah mahasiswa paling banyak pada penerimaan tahun 2016. Hal ini salah satu indicator bahwa prodi PGSD sangat diminati masyarakat”harap Suyoto, M.Pd.