Detail Berita

PELATIHAN JAYA MELATI 1 ANGKATAN IV PRODI PGSD UM PURWOREJO

Pelatihan Jaya Melati 1 merupakan salah satu pendidikan dan latihan paling dasar pada kepanduan dasar Hizbul Wathon. Pelatihan ini merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh mahasiswa Program Studi PGSD UM Purworejo mulai angkatan pertama yaitu angkatan tahun 2016 sampai sekarang angkatan ke-4 yaitu angkatan 2019. Wajib diikuti karena pada kurikulum PGSD memuat mata kuliah Kepanduan Dasar, sehingga mahasiswa dikatakan lulus mata kuliah tersebut jika telah mengikuti Pelatihan Jaya Melati 1. Kegiatan ini meliputi pemahaman materi secara teori yang biasanya diikuti pada kuliah kepanduan dan atau pendalaman yang dilakukan selama 3 hari fullday secara berturut-turut. Kemudian, 2 (dua) hari selanjutnya untuk latihan praktiknya, dan selanjutnyamahasiswa melakukan Rencana Tindak Lanjut (RTL) di satuan pendidikan sebagai pelatih pandu athfal. RTL ini dilaksanakan selama minimal 3 (tiga) bulan. Pelatihan ini dilatih oleh pelatih yang sudah mumpuni dari berbagai daerah.

Pelatihan Jaya Melati 1 ke-IV ini dilaksanakan selama 5 (lima) hari mulai hari Jumat- Selasa, tanggal 26-30 Maret 2021. Pelatihan ini dilakukan secara full daring karena kondisi pandemic yang belum memungkinkan untuk dilakukan secara tatap muka. Hal ini demi keselamatan dan kesehatan para peserta Pelatihan Jaya Melati 1. Pelatihan Jaya Melati 1 ke-IV ini diketuai oleh Ramanda Suyoto salah satu Dosen Program Studi PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Purworjeo. Peserta yang mengikuti Pelatihan Jaya Melati 1 ini sejumlah 86 mahasiswa program studi PGSD angkatan 2019. Pelatihan Jaya Melati 1 ini langsung dipandu oleh pelatih-pelatih yang professional dari berbagai daerah yaitu: Ramanda Edy Eko Sunarno sebagai Supervisor dari Kwarpus HW, Ramanda Warjimin sebagai Pimpinan Pelatihan, Ramanda Ragil Kuat Haryadi sebagai Wakil Pemimpin Pelatihan, Ramanda Joko Santoso sebagai Sekretaris Tim Pelatih, dan anggotanya yaitu Ramanda Mukhtar (Ketua Bidang Diklat HW Kwarwil Jateng), Ramanda Imam Thohari, Ramanda Muhammad Dzikron, dan Bunda Eni Winarni.

Pembukaan pelatihan Jaya Melati 1 ke-IV ini dilaksanakan pada hari pertama yaitu hari Jumat, 26 Maret 2021 dan dibuka oleh Ramandan Mukhtar selaku Ketua Bidang Diklat HW Kwarwil Jawa Tengah mewakili Ramanda Sukasno selaku Ketua HW Kwarwil Jateng karena kondisi sedang tidak sehat. Kemudian dilanjutkan materi teori sampai hari Sabtu, 28 Maret 2021. Dilanjutkan materi praktik yang dilakukan peserta menggunakan video atau mengirimkan video praktik peserta yaitu pada hari Senin-Selasa tanggal 29-30 Maret 2021. Penutupan pelatihan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 30 Maret 2021, yang ditutup oleh Ketua Program Studi PGSD FKIP Universitas Muhamamdiyah Purworejo yaitu Bunda Rintis Rizkia Pangestika. Selanjutnya, peserta yang telah mengikuti pelatihan ini diwajibkan untuk melakukan RTL sebagai aplikasi dari pelatihan Jaya Melati 1 yang memuat materi teori dan praktik dan nantinya akan mendapatkan Sertifikat Pelatih yang dapat digunakan sebagai ijazah bawah peserta telah layak menjadi pelatih pandu atfhal. Alhamdulillah kegiatan ini berjalan lancar tanpa kendala suatu apapun.