Detail Berita

Bersama PGSD UAD, PGSD UM Purworejo Selenggarakan Webinar Penyusunan Artikel di Jurnal Terakreditasi dan Publikasi Media Massa

[Purworejo, 08/04/2021] – Bersama PGSD UAD, PGSD UM Purworejo menyelenggarakan Webinar Penyusunan Artikel di Jurnal Terakreditasi dan Publikasi Media Massa bagi para mahasiswa di Lingkungan Program Studi PGSD FKIP UM Purworejo.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 08 April 2021 secara virtual melalui zoom meeting­ yang dijadikan dua sesi. Sesi pertama menghadirkan nara sumber dari Dosen PGSD Universitas Ahmad Dahlan sekaligus Editor di Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 4 Fundadikdas yang menyampaikan materi tentang teknis penyusunan artikel ilmiah. Kemudian di sesi kedua menghadirkan nara sumber dari Redaktur Suara Muhammadiyah yaitu Bapak Isngadi M Atmadja, di acara ini beliau menyampaikan terkait teknis dalam pengiriman naskah ke media massa. Kemudian dilanjutkan oleh Pembicara  II yaitu Nur Ngazizah, S,Si. M.Pd. selaku dosen PGSD UM Purworejo yang pernah meraih prestasi penghargaan penulis terbaik versi online di media massa Suara Muhammadyah.Beliau menyampaikan materi tips dalam menulis opini di media massa skaligus memberikan motivasi kepada para peserta supaya mulai menumbuhkan budaya loterasi salah satunya menulis. Kegiatan workshop ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama dengan PGSD UAD dan Jurnal Fundadikdas UAD.

Worskhop yang dilaksanakan secara online ini diikuti oleh 493 peserta yang terdiri dari mahasiswa UM Purworejo, mahasiswa UAD, dan guru-guru di wilayah Purworejo dan sekitarnya. Tujuan dari workshop ini adalah untuk menambah pengetahuan dan kemampuan mahasiswa dalam menulis baik menulis di Jurnal maupun di Media Massa. Karena baik mahasiswa dan praktii yaitu guru saat ini dituntut untuk mampu menulis dan mempublikasikan karya ilmiahnya, sehingga karya ilmiah yang disusun tidak berhenti di almari perpustakaan namun dapat diakses oleh khalayak umum untuk dijadikan rujukan dalam penelitian atau pengembangan selanjutnya. Dengan demikian, dengan diadakannya workshop ini dapat memberikan manfaat kepada para peserta dalam hal menulis karya ilmiah yang dipublikasikan di Jurnal maupun di Media Massa.