Detail Berita

Prodi PGSD UM Purworejo Selenggarakan Seminar Nasional 2021

[Purworejo,10/04/2021] Program Studi PGSD FKIP UM Purworejo menggelar Seminar Nasional ke-3 dengan tema ”Pembelajaran Inovatif Berbasis Kearifan Lokal di Masa Pandemi Covid-19 untuk Meneguhkan Karakter dan Kompetensi”. Seminar nasional ini merupakan kegiatan rutin tahunan Program Studi PGSD UM Purworejo.

Seminar ini dihadiri oleh 250 peserta yang terdiri dari partisipan dan pemakalah dan berbagai institusi. Pembicara utama pada seminar ini yaitu Prof. Fahrurrozi, M.Pd. selaku Guru Besar di Universitas Negeri Jakarta yang membawakan materi “Pengembangan Inovatif dalam Mengembangkan Kompetensi Guru pada Masa dan Pasca Pandemi”. Kemudian, Dr. Rofiq Nurhadi, M.Ag. selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Purworejo membawakan materi “Fitrah Manusia dan Implikasinya”. Selain penyampaian materi, diskusi tanya jawab, dan presentasi pemakalah pendamping yang dilakukan menggunakan video Youtube, dalam kegiatan ini juga akan diumumkan juara lomba Solo Vocal dan Vocal Group dalam rangka Promosi Program Studi PGSD ke siswa-siswa SMA/SMK.

Kegiatan ini dibuka dengan laporan ketua panitia pelaksana yaitu Nur Ngazizah, S.Si., M.Pd. dilanjutkan dengan sambutan dari Rektor Universitas Muhammadiyah Purworejo. Dalam sambutannya disampaikan bahwa pentingnya pendidikan karakter di dunia pendidikan khususnya di masa pandemic dan pasca pandemic covid-19.

Kegiatan seminar nasional secara daring ini berjalan dengan lancar dan diakhiri dengan presentasi paralel oleh pemakalah pendamping dengan menggunakan video yang mereka upload di Youtube dan saling berdiskusi dengan tanya jawab pada kolom komentar. Sekaligus menutup, panitia mengumumkan pemenang lomba Solo Vocal, Vocal Group, dan Poster yang Prodi PGSD adakan beberapa bulan yang lalu. Pememangnya yaitu :

  1. Juara Lomba Solo Vocal : Nasywa Labib (SMA N 7 Purworejo)
  2. Juara Lomba Vocal Group : SMA N 1 Purworejo
  3. Juara Lomba Poster : Desi Handayani (SMA N 6 Purworejo)
  4. Lomba Vocal Terfavorit : Galuh Intan R, dkk (SMA N 1 Purworejo)

Dengan diselenggarakan seminar nasional ini diharapkan dapat dijadikan pengetahuan tambahan terkait pengembangan pembelajaran yang inovatif dengan tidak meninggalkan fitrak manusia.