Detail Berita

Lomba OLIMPIADE SAINS SD Se-Karesidenan KEDU

PURWOREJO – Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purworejo mengadakan Olimpiade SAINS SD Se-Karesidenan Kedu dengan tema "Melalui Kompetisi, Gali Potensi, Ukir Prestasi". Pada Sabtu, 14 Mei 2022 diadakan Technical Meeting sekaligus Simulasi Olimpiade melalui Zoom Cloud Meeting yang berisi tentang penjelasan mengenai teknis pengerjaan simulasi yang akan dilakukan. Dalam simulasi, peserta mengerjakan 30 soal selama 60 menit.

Babak penyisihan dilakukan pada Selasa, 17 Mei 2022. Kegiatan ini diadakan secara virtual melalui Zoom Cloud Meeting yang pelaksanaannya dimulai pukul 13.00 - 15.00 WIB. Dengan peserta kegiatan ialah siswa Sekolah Dasar. Dalam kesempatan ini panitia melakukan seleksi peserta yang akan maju ke babak final yang dipandu oleh Aiz Liana Salma selaku pembawa acara kegiatan. Peserta yang berjumlah 53 dari beberapa Sekolah Dasar di Kedu, setiap peserta mengerjakan soal berjumlah 30 dalam waktu 90 menit.

Dan pada Sabtu, 21 Mei 2022 dilaksanakan Babak Final Olimpiade secara tatap muka yang bertempat di Ruang Seminar Kampus Timur Universitas Muhammadiyah Purworejo. Acara yang berlangsung pukul 08.30 – 12.00 WIB tersebut diikuti oleh 10 peserta yang telah lolos babak penyisihan didampingi oleh Bapak/Ibu guru dari SD masing-masing. Setiap peserta mengerjakan 25 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian dengan waktu 90 menit.

Jumat, 27 Mei 2022 merupakan hari pengumuman kejuaraan Olimpiade yang dilaksanakan melalui Zoom Cloud Meeting. Agenda pengumuman kejuaraan ini diawali dengan pembukaan, sambutan oleh Ketua Program Studi PGSD Bu Rintis Rizkia Pangestika, M.Pd., dan dilanjutkan dengan pengumuman kejuaraan. Adapun para juaranya yaitu :

1. Juara I diraih oleh Olive Nayla Azra dari SD Negeri Pangengudang dengan jumlah skor yaitu 78,3

2. Juara II diraih oleh Joseph Inggita Pinta. G dari SD Negeri Purwosari dengan jumlah skor yaitu 63,3

3. Juara III diraih oleh Dian Nugroho dari SD Negeri Kalikotes dengan jumlah skor 62,5

Acara pengumuman kejuaraan olimpiade diawali dengan pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan kejuaraan dan penyerahan sertifikat beserta tropi secara online, dan di akhiri dengan sesi foto bersama.

Dengan diselenggarakan lomba Olimpiade Sains SD Se-karisedenan Kedu ini diharapkan dapat menumbuhkembangkan sikap kompetitif yang sehat dikalangan anak usia SD, selain itu diharapkan dapat menambah wawasan pengetahuan, kemampuan, sikap disiplin dan kerja keras untuk dapat menguasai sebuah ilmu.