Detail Berita

PDM PLM sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Dasar serta Membangkitkan Jiwa Kepemimpinan Calon Pendidik

[Purworejo-Kulon Progo, 21/11/2021] PDM merupakan kependekan dari Pelatihan Dasar Mahasiswa, sebagai bentuk upaya menanamkan kompetensi-kompetensi calon pendidik sehingga memiliki pengetahuan, kemampuan, dan keahlian untuk berperan aktif di pendidikan Indonesia.

Sedangkan PLM yaitu Pelatihan Leadership Mahasiswa yang bertujuan membekali mahasiswa untuk beraktivitas nyata di lingkup kampus dengan pengetahuan serta skill kepemimpinan dan keorganisasian.

PDM PLM PGSD tahun ini mengangkat tema “Membangkitkan Jiwa Kepemimpinan yang Ceria (Cekatan, Edukatif, Religius, Inovatif, dan Amanah). Sasaran kegiatan ini yaitu mahasiswa baru program studi PGSD Universitas Muhammadiyah Purworejo sebanyak 108 mahasiswa. Di masa Covid-19 ini, kegiatan PDM PLM dilaksanakan secara Hybrid (50% luring, 50% laring).

Kegiatan PDM PLM PGSD 2021 dibuka oleh Sekretaris Program Studi PGSD, Bapak Muflikhul Khaq, M.Pd. Hari Pertama, Jumat (19/11) kegiatan PDM PLM dilaksanakan melalui zoom yang di isi oleh Ibu Nur Ngazizah, S.Si, M.Pd. yang membahas tentang PGSD dalam pendidikan di Indonesia dan Ibu Eva Viyana, S.Pd membahas tentang bagaimana menumbuhkan jiwa leadership. Hari Kedua, Ahad (21/11) dilaksanakan di destinasi wisata DolaNdeso, Kalibawang, Kulonprogo. Pada kegiatan ini diisi dengan outbound yang dapat melatih kemampuan problem solving, kerja tim, leadership, menajemen konflik, dan sebagainya.