Detail Berita

PGSD Mengajar Bentuk Pengamalan Catur Dharma PTM

PURWOREJO, Suara Muhammadiyah – Catur Dharma dalam perguruan tinggi muhammadiyah meliputi kegiatan pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, serta pengamalan Al-Islam dan kemuhammadiyahan.

Melakukan pengabdian kepada masyarakat menjadi penting sebagai salah satu implementasi Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah. HIMA PGSD dalam hal ini membentuk komunitas yaitu PGSD Mengajar, tentunya komunitas tersebut masih dibawah payung Hima dan merupakan salah satu program kerja HIMA PGSD Periode 2021/2022.

PGSD Mengajar diresmikan pada hari Senin (29-11-2021) yang berbarengan dengan pembukaan PGSD Fair#5. “PGSD Mengajar ini semoga mendatangkan manfaat bagi masyarakat pada umumnya, dan mahasiswa PGSD sendiri pada khususnya. Selain itu, PGSD Mengajar ini dapat digunakan sebagai tempat pengembangan softskill, kapasitas, dan kualitas calon pendidik di sekolah dasar” Ucap Panggih Anugrah Perdana selaku Ketua HIMA PGSD dalam sambutannya.

Sementara ini, PGSD Mengajar sudah bekerja sama dengan 3 Desa di Wilayah Kabupaten Purworejo yaitu Desa Donorati, Desa Kedunggubah, dan Desa Semawung. Tidak menutup kemungkinan PGSD Mengajar bekerja sama dengan desa-desa lainnya.

Kegiatan dari PGSD Mengajar berfokus pada TV bimbingan belajar serta peningkatan literasi pada anak usia sekolah dasar.

Pertemuan PGSD Mengajar dilakukan secara intensif sebanyak 2 kali pertemuan setiap pekannya.

Komunitas PGSD Mengajar juga disambut baik oleh Prodi PGSD UMPurworejo, seperti yang disampaikan oleh Bapak Muflikhul Khaq, M.Pd ”

PGSD mengajar sebagai wadah aktualisasi mahasiswa calon guru ini merupakan langkah solutif yang dilakukan oleh HIMA PGSD di era pasca pandemi covid ini untuk mengembalikan pembelajaran sesuai dengan tahap operasional konkret yaitu melakukan hal-hal yang riil dan  mengoptimalkan potensi kognitif, psikomotorik dan afektif peserta didik. Semoga langkah kecil ini mencerahkan pendidikan Indonesia. 

Sumber : https://suaramuhammadiyah.id/2022/01/25/pgsd-mengajar-bentuk-pengamalan-catur-dharma-ptm/?swcfpc=1