Detail Berita

Keseruan Kegiatan PDM & PLM atau "Makrab" Prodi PGSD Tahun 2022 Universitas Muhammadiyah Purworejo

Program studi Pendidikan Guru Sekolah dasar yang dibantu oleh HIMA PGSD baru saya melaksanakan kegiatan PDM PLM (Pelatihan Dasar Mahasiswa Pelatihan Leadership Mahasiswa) pada tanggal 26 dan 27 November 2022. PDM PLM  merupakan kegiatan rutin yang diadakan prodi PGSD yang diikuti oleh mahasiswa baru Prodi PGSD. PDM PLM merupakan istilah lain dari "Makrab" yang biasa di kenal oleh masyarakat umum terutama para mahasiswa. Hampir sama dengan Makrab, kegiatan Krgiatan PDM PLM ini berisi mengenai pelatihan dan mempersiapkan mahasiswa di jenjang perkuliahan. Kegiatan PDM PLM tahun 2022 memiliki tema “Menggali Kemampuan dan Membangun Jiwa Kepemimpinan Mahasiswa yang Berkarakter CEMERLANG(Cekatan, Menawan, Edukatif, Kreatif, Berbudi Luhur, Inovatif, dan Gemilang)”. Kegiatan PDM PLM  dilaksanakan selama 2 hari, dimana untuk hari ke-1 kegiatan PDM PLM dilakukan di lingkungan kampus Universitas Muhammadiyah Purworejo dan hari kedua dilaksanakan di luar lingkungan kampus Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Kegiatan hari ke-1 dilangsungkan di kampus tiga atau kampus Sucen Universitas Muhammadiyah Purworejo dengan acara yang pertama adalah pembukaan yang dihadiri langsung oleh ketua Program Studi PGSD beliau Ibu Rintis Rizkia Pangestika. Acara selanjutnya yaitu seminar yang di bawakan oleh 2 pemateri yaitu Ibu Nur Ngazizah selaku salah satu Dosen program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang menjadi pemateri pertama dengan mengusung tema “Mengembangkan pendidikan dengan menanamkan jiwa CEMERLANG mahasiswa PGSD melalui transformasi pendidikan era society 5.0”. Dan untuk pemateri yang kedua disampaikan oleh  bapak Muktafin Soleh, S.Pd.I yang menyampaikan materi mengenai pentingnya kepemimpinan bagi mahasiswa.

Setelah isoma kegiatan PDM PLM hari ke-1 dilanjutkan dengan pembuatan TTG dari barang bekas, peserta diminta membuat TTG sesuai dengan kelompoknya yang kemudian di presentasikan di depan selurug peserta PDM PLM. Rangkaian kegiatan terkahir di kegiatan hari ke-1 yaitu penampilan yel yel dan juga pensi, ada beberapa pensi yang di tampilkan oleh peserta yaitu seperti drama, tari kreasi, tari tradisional, menyanyi, berpuisi, stand up comedi, dan juga paduan suara. Pukul 16.30 kegiatan selesai dan mahasiswa atau peserta diperbolehkan pulang kerumah masing masing.

Hari ke-2 PDM PLM dilaksanakan di Desa Pulesari, Wonokerto, Kec. Turi, Kab. Sleman , DIY. Kegiatan dimulai pukul 06.30 dengan mulai registrasi sampai dengan pukul 07.30. Setelah seluruh peserta datang kita melakukan breafing terlebih dahulu dan juga tidak lupa berdoa bersama, setelah selesai breafing peserta diarahkan untuk masuk bis dan melakukan persiapan perjalanan. Pukul 07.15 seluruh peserta dan juga panitia serta dosen melakukan perjalanan menuju tempat wisata. Pada pukul 10.00 kita sampai di tempat dan langsung melakukan persiapan. Acara pertama yaitu kita melakukan kegiata membatik, jadi setiap peserta akan diberikan kain untuk melakukan kegiatan membatik yang dipandu oleh beberapa pemandu dari pulesari. Setelah membatik pada pukul 11.30, peserta dan panitia melakukan isoma karena setelah isoma masih ada kegiatan yaitu game dan juga out bound. Pada saat out boun ada 5 permainan yang dilakukan dan juga dipandu oleh kakak-kakak pemandu dari desa pulesari. Pada pukul 15.00 kegiatan game sudah selesai dan seluruh peserta diminta untuk mengganti baju dan juga sholat.

Acara selanjutnya di hari ke-2 yaitu tukar kado antara peserta yang sudah disiapkan dan acara terakhir yaitu pengumuman beberapa kejuaraan yaitu kejuaraan pensi, pembuatan TTG dan juga outbound dan disertai pemberian hadiah. Semua rangkaian kegiatan selesai setelah pemberian hadiah diadakan foto bersama dan juga penutupan acara PDM PLM PGSD 2022.  Setelah semua selesai, yang selanjutnya yitu perjalanan pulang seluruh rombongan sampai di kampus pada pukul 19.30 dan peserta kembali ke rumah masing masing. Alhamdulillah kegiatan PDM PLM PGSD 2022 berjalan dengan lancar dan suskses.