Detail Berita

Pembukaan Semarak Milad HIMA PGSD Yang Ke-6

Himpunan mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar Universitas Muhammadiyah Purworejo menyelenggarakan acara PGSD FAIR dalam rangka memperingati MILAD HIMA PGSD yang ke 6 dan tepat berusia 6 tahun pada 7 November lalu. Tema acara milad tahun ini yaitu “ Angkatan Dalam Cipta Karya dan Prasaja Guna Dwipantara yang Sejahtera” yang bermakna membina generasi untuk menciptakan karya secara adil untuk Nusantara yang sejahtera.

PGSD FAIR sendiri merupakan suatu rangkaian acara semarak milad PGSD dengan diadakannya berbagai lomba yang diikuti oleh seluruh mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar mulai dari semester 1 hingga semester 7. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga melibatkan pihak eksternal Universitas Muhammadiyah Purworejo yaitu SMA/SMK/MA sederajat wilayah Purworejo, Magelang, dan Kebumen. Acara ini resmi dibuka pada hari Senin, 9 Januari 2023 secara simbolis oleh Ketua Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purworejo, ibu Rintis Rizkia Pangestika, M.Pd di ruang seminar Kampus Timur UM Purworejo. Pembukaan ini dihadiri oleh Kaprodi dan 2 dosen PGSD yaitu ibu Nur Ngazizah, S.Si, M.Pd dan ibu Arum Ratnaningsih, M.Pd sekaligus perwakilan dari setiap HIMA/UKM/ORTOM se-Universitas Muhammadiyah Purworejo. Pembukaan ini sekaligus penyerahan kejuaraan piala rektor dari pemenang lomba futsal PGSD yang meraih juara 1 antar program studi kepada ibu Rintis Rizkia Pangestika, M. PD selaku ketua program studi PGSD.

Sejumlah rangkaian kegiatan pembukaan berlangsung meriah karena dilaksanakan tidak seperti pembukaan pada umumnya. Acara ini dibuka dengan bacaan tasmiyah bersama-sama oleh Fatma Nur Auliya selaku pembawa acara.  Kemudian acara yang kedua adalah pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Dwi Ma’sumah yang dilantunkan dengan irama yang merdu, dengan dilanjutkan sambutan-sambutan oleh ketua program studi PGSD, ketua panitia milad Hima PGSD yang ke-6 yakni saudara Hendry Wahyu Nugroho dan ketua umum Hima PGSD saudari Nabila Khoerunnisa. Acara berikutnya yakni pembukaan acara secara simbolis dengan memotong pita oleh Ka-prodi PGSD yang dilanjutkan penyerahan kejuaraan piala rektor yang mana menjadi kebanggaan tersendiri bagi PGSD dapat meraih hingga titik kemenangan tepat pada masa kejayaan PGSD yang ke 6. Setelah runtutan acara satu demi satu kemudian para hadirin dapat menyaksikan penampilan tari kreasi nusantara yang dibawakan oleh beberapa pengurus Hima PGSD diantaranya Syifa Zein Aulia, Heny Amalia Choerunnisa, Livvia Khusnul Qomatfian, dan Meita Nur Ayuni. Penampilan ini sekaligus sebagai hiburan untuk hadirin dan untuk memeriahkan acara pembukaan milad Hima PGSD yang ke-6. Bertambah usia program studi tentunya menjadi sebuah harapan untuk lebih baik kedepannya sehingga seluruh hadirin pada akhir acara menuliskan harapan kedepannya untuk program studi PGSD pada secarik kertas yang disediakan dan dimasukkan kedalam kotak harapan. Rangkaian acara satu demi satu sudah berjalan dan dilanjutkan dengan penutup sekaligus sesi dokumentasi bersama.

Pada hari jadi yang ke-6 himpunan mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar Universitas Muhammadiyah Purworejo berjalan dengan lancar. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 9 hingga tanggal 21 Januari 2023 sehingga dinamakan dengan semarak. Berbagai lomba diadakan yang masing-masing lomba memiliki ranah untuk menciptakan regenerasi PGSD yang dapat menguasai di segala bidang. Dari kegiatan semarak ini diharapkan seluruh mahasiswa satu dengan mahasiswa yang lain baik dari semester awal sampai akhir dapat menjalin hubungan yang baik dan dapat menambah relasi mereka. Rasa kekeluargaan Hima PGSD dapat terjaga dan dapat bersinergi bagi sekitarnya. Selain itu kegiatan semarak milad ini lebih ditekankan kepada mahasiswa, dimana sesuai dengan visi misi ketua umum himpunan mahasiswa PGSD yaitu menyalurkan aspirasi mahasiswa untuk dikembangkan dan terus ditingkatkan agar dapat membawa nama baik program studi dan universitas kepada dunia luar.