Detail Berita

LOMBA SOLO VOKAL PGSD FAIR 2022 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purworejo menyelenggarakan acara bernama PGSD FAIR 2022 dalam rangka memperingati MILAD HIMA PGSD yang ke 6 dan tepat berusia 6 tahun pada 7 November lalu. Tema acara milad tahun ini yaitu “ Bina Angkatan Dalam Cipta Karya dan Prasaja Guna Dwipantara yang Sejahtera” yang memiliki makna yaitu membina generasi untuk menciptakan karya secara adil untuk Nusantara yang sejahtera. PGSD FAIR sendiri merupakan suatu rangkaian acara semarak milad PGSD dengan diadakannya beberapa perlombaan yang diikuti oleh seluruh mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar mulai dari semester 1 hingga semester 7 bahkan kegiatan ini juga melibatkan pihak eksternal Universitas Muhammadiyah Purworejo yaitu SMA/SMK/MA sederajat wilayah Purworejo, Magelang, dan Kebumen.

Salah satu kegiatan perlombaan yang diselenggarakan oleh panitia yaitu lomba Solo Vokal. Lomba Solo Vokal ini merupakan lomba yang diadakan antar kelas, dimana setiap kelas dari semester 1 sampai semester 5 mengirimkan 1 mahasiswa sebagai perwakilan kelas, dengan menyanyikan  lagu bertema “Nusantara” para mahasiswa menujukkan bakat menyanyi yang mereka miliki bahkan tak sedikit peserta yang membuat takjub penonton, panitia, bahkan juri. Pendaftaran Solo Vokal sendiri dibuka pada 27 Desember 2022 sampai 6 Januari 2023 dengan HTM sebesar RP 25.000. Pada 6 Januari 2023 panitia mengadakan Technical Meeting dengan para peserta maupun perwakilan kelas guna membahas hal yang perlu dipersiapkan maupun syarat dan ketentuan lomba.

Perlombaan yang diadakan pada Kamis, 19 Januari 2023 ini diselenggarakan di Auditorium Kasman Singodimejo Universitas Muhammadiyah Purworejo dan diikuti oleh 11 peserta dan lagu “Indonesia Jaya” yang dinyanyikan oleh Harvey Malaiholo merupakan lagu yang paling sering dinyanyikan oleh peserta dengan berbagai aransemen atau versi yang berbeda setiap peserta.

Dan pada hari yang sama pula, juri, yang merupakan anggota UKM PSM Surya Sagitta Universitas Muhammadiyah Purworejo, mengumungkan kejuaraan lomba Solo Vokal. Dimana Aminatur Rodiyah dari kelas 3B yang membawakan lagu Indonesia Jaya menjadi juara 1, dan Rizki Ameytika dari kelas 1B yang membawakan lagu Butet menjadi juara 2. Kedua juara tersebut mendapat kesempatan untuk tampil diacara Malam Puncak PGSD Fair 2022 yang juga dilaksanakan pada hari yang sama.

Lomba Solo Vokal yang diselenggarakan dalam rangkaian Semarak Milad PGSD Fair 2022 bertujuan menjadi tempat atau wadah bagi para mahasiswa untuk menujukkan bakat menyanyi yang dimiliki dan melatih kepercayaan diri mereka akan bakat yang mereka miliki.