Detail Berita

LOMBA POSTER DENGAN TEMA PMB DALAM SEMARAK MILAD PGSD UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO

Himpunan mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar Universitas Muhammadiyah Purworejo menyelenggarakan acara PGSD FAIR dalam rangka memperingati MILAD HIMA PGSD yang ke 6 dan tepat berusia 6 tahun pada 7 November lalu. Tema acara milad tahun ini yaitu “Bina Angkatan Dalam Cipta Karya dan Prasaja Guna Dwipantara yang Sejahtera” yang bermakna membina generasi untuk menciptakan karya secara adil untuk Nusantara yang sejahtera. PGSD FAIR sendiri merupakan suatu rangkaian acara semarak milad PGSD dengan diadakannya berbagai lomba yang diikuti oleh seluruh mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar mulai dari semester 1 hingga semester 7 bahkan diikuti oleh siswa SMA/SMK sederajat se-kabupaten.

Lomba poster merupakan satu-satunya lomba dalam semarak milad PGSD Fair 2022 yang melibatkan cukup banyak peserta. Menariknya, peserta yang mengikuti lomba poster bertemakan Penerimaan Mahasiswa Baru tidak hanya dari mahasiswa PGSD dari semester 1 hingga semester 7 saja. Tetapi melibatkan siswa/siswa SMA/SMK sederajat se-kabupaten, loh! Lomba ini dilaksanakan secara online dengan rentang waktu 28 Desember 2022 sampai 16 Januari 2023 untuk pendaftaran karya sekaligus pengumpulan karya melalui Google Form dan Instagram. Lalu pada tanggal 17 Januari 2023 merupakan penjurian, dimana yang menilai karya poster adalah panitia PGSD Fair 2022. Setelah dinilai dan dipertimbangkan dengan matang, pada tanggal 18 Januari 2023 pemenang lomba diumumkan melalui platform Instagram @pgsdfair_umpwr.

Lomba ini diikuti oleh 20 peserta diamana 11 diantaranya merupakan mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Purworejo dan 9 lainnya merupakan siswa/siswa SMA/SMK Sederajat. Pemenang lomba dikategorikan menjadi dua, yaitu pemenang lomba yag berasal dari internal atau mahasiswa PGSD dan pemenang lomba yang berasal dari eksternal atau siswa/siswi SMA/SMK sederajat. Peserta yang memenangkan lomba poster internal yaitu Anif Uswatun Hasanah dari semester 1 kelas C sebagai juara pertama, dan Laila Miftakhul Atikhah dari semester 3 kelas B sebagai juara 2. Selain itu, pemenang dari kategori eksternal diraih oleh Aura Earlyva dari SMAN 5 Purworejo sebagai juara pertama dan Ratnani Hidayatul Masruroh dari SMAN 5 Purworejo sebagai juara kedua.

Lomba poster yang diadakan dalam Semarak Milad PGSD Fair bertujuan untuk melatih kreativitas dan mengasah softskill dalam mendesain poster. Selain itu dengan mengikuti lomba poster, peserta akan mendapatkan pengalaman maupun pengetahuan baru dalam ilmu mendesain, mereka juga dapat menggali potensi diri untuk mencoba hal baru. Tujuan mengikutsertakan siswa/siswi SMA/SMK Sederajat adalah sebagai jembatan untuk mengenalkan Program Studi PGSD maupun Universitas Muhammadiyah Purworejo ke mata dunia.