Detail Berita

KEGIATAN MALAM PUNCAK DAN PENUTUPAN PGSD FAIR 2022

Setelah berjalannya rangkaian kegiatan dan dimeriahkan dengan berbagai lomba sampailah di penghujung acara yaitu “Malam Puncak dan Penutupan PGSD FAIR 2022” dalam rangka memperingati MILAD PGSD yang ke-6 Dengan tema “Bina Angkatan Dalam Cipta Karya dan Prasaja Guna Dwipantara yang Sejahtera” yang berarti Membina generasi untuk menciptakan karya secara adil untuk nusantara yang sejahtera. Penutupan kali ini berbeda dengan penutupan acara-acara lain yang biasanya dilaksanakan pada hari libur (weekend) namun acara ini dilaksanakan pada hari Kamis malam yang bertepatan dengan tanggal 19, Januari 2023. Segala persiapan telah dimatangkan oleh seluruh panitia mulai dari materi, kegiatan yang akan berlangsung, dekorasi panggung, dan seluruh pernak-pernik yang mendukung acara penutupan ini. Semua panitia bekerja sama untuk mensukseskan acara penutupan MILAD PGSD yang ke-6, selain perihal perlengkapan panitia juga mempersembahkan tari dolalak kreasi yang ditampilkan oleh rekan pengurus Hima PGSD diantaranya Syifa Zein Aulia, Heny Amalia Choerunnisa, Livvia Khusnul Qomatfian, dan Meita Nur Ayuni. Meskipun acara ini dilaksanakan terbilang berbeda dari hari biasanya yaitu malam Jumat namun antusias para hadirin tidak kalah semangatnya, hal ini jauh dari perkiraan panitia akan para hadirin yang hadir kurang partisipan.

Selain disaksikan oleh para tamu undangan secara langsung acara ini ini juga melakukan siaran langsung melalui instagram @pgsdfair yang dihadiri oleh beberapa dosen kebetulan juga berhalangan hadir secara langsung serta penonton lainnya yang hadir dari berbagai kalangan. Penutupan ini terbagi atas dua nuansa yang berbeda yakni dilaksanakan secara formal dan non-formal. Dimana acara formal dipandu oleh Recika Ranna Harayo dengan membuka acara penutupan milad PGSD yang ke-6. Lantunan ayat suci Al-Quranul Karim dibawakan merdu oleh saudari Dwi Ma’sumah dengan harapan pelaksanaan penutupan ini dapat berjalan dengan khidmat dan lancar tanpa halangan suatu apapun. Beberapa sambutan juga disampaikan oleh ketua panitia Milad PGSD yaitu Hendry Wahyu Nugroho dan ketua umum Hima PGSD saudari Nabila Khoerunnisa yang memberikan sambutannya dengan jelas dan gamblang. Dalam acara sesi pertama ini para hadirin disajikan video-video ucapan milad PGSD yang ke-6 dari bapak ibu dosen PGSD beserta ketua program studi PGSD hingga bapak Rektor yakni bapak Rofiq Nurhadi, M. Ag. yang didalamnya terdapat banyak doa dan harapan agar PGSD tetap jaya, berkembang, berintegritas, wadah aspirasi mahasiswa dan selalu sukses kedepannya sehingga menjadi program studi yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Selain ucapan milad PGSD dari dosen, Ka-prodi, dan rektor kini seluruh pengurus himpunan mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar juga menyematkan doa dan harapan kedepannya agar PGSD menjadi naungan mahasiswa yang toleran, disegani, mencetak bibit luaran yang unggul dan bermanfaat untuk orang lain. Pembawa acara formal menutup pembukaan milad PGSD yang akan dilanjutkan dengan acara inti dengan ditampilkannya tari dolalak kreasi yang membuat para hadirin terpukau hingga menggunakan gadget mereka untuk meramaikan penampilan tari dolalak kreasi.

Sampailah di acara yang ditunggu-tunggu yakni acara inti yang dipandu oleh rekan pengurus Hima PGSD sebagai master of ceremony yaitu saudara Ahmad Solehudin dan saudari Femi Hidayati. Pembawaan acara kali ini berbeda dan lebih memberikan kesempatan penonton untuk ikut memeriahkan acara ini. Diawali dengan dance kekinian hingga dance Tik Tok yang memadukan semangat tamu undangan dengan kegiatan selanjutnya yang akan dipersembahkan. Dibawakan dengan fakta humor membuat para hadirin tidak bosan dan terjalinnya komunikasi dua arah dimana MC dan penonton bisa berkomunikasi dan bercanda ria. Acara selanjutnya yaitu penampilan dari beberapa finalis peserta lomba solo vokal sebagai juara I dan II. Selain dari peserta lomba solo vokal juga dimeriahkan oleh PSM Surya Sagita. Hal yang tidak disangka-sangka adalah penampilan dari UKM Teater yang meminta izin kepada panitia untuk tampil, penampilan ini terbilang cukup dadakan tanpa persiapan namun membuahhasil yang maksimal tanpa ada kesalahan sedikitpun. Monolog yang ditampilkan dari UKM TEATER yang berkolaborasi dengan PSM sangar menghibur para hadirin sekalian. Setelah beberapa penampilan dipersembahkan maka tibalah pengumuman kejuaraan dari setiap lomba. Berikut daftar kejuaraan PGSD FAIR 2022 yang diraih dalam rangka memperingati MILAD PGSD yang ke-6:

1.      Lomba Futsal

A.    Kejuaraan futsal putra

Juara I   : Semester 5

Juara II  : Semester 3

B.     Kejuaraan futsal putri

Juara I   : Semester 3

Juara II  : Semester 1

 

2.      Lomba Tes Wawasan Kebangsaan

Dimenangkan oleh Semester 3 kelas C atas nama:

1). Athifah Nur Azizah

2). Fadilla Shafa Alyada Rahma

3). Livvia Khusnul Qomatfian

 

3.      Lomba Solo Vokal

Juara I   : Aminatul Radhiyah dari kelas 3B

Juara II  : Riski Ameytika dari kelas 1B

 

4.      Lomba Poster

Tingkat internal mahasiswa

Juara I   : Anif Uswatun Hasanah 1C

Juara II  : Laila Miftakhul Atikhah 3B

 

Tingkat SMA/SMK/MA SEDERAJAT

Juara I   : Aura Earlyva dari SMA NEGERI 5 PURWOREJO

Juara II  : Ratnani Hidayatul Masruroh dari SMA NEGERI 5 PURWOREJO

Demikianlah rangkaian demi rangkaian yang dilaksanakan pada acara penutupan milad PGSD yang ke-6. Pada penghujung acara pemenang kejuaraan, para tamu undangan, dan panitia mengabadikan moment penutupan PGSD fair 2022 ini dengan foto bersama.