Detail Berita

Kuliah Umum PGSD 2023 Universitas Muhammadiyah Purworejo

Purworejo-Pada hari Kamis (9/3/2023) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purworejo menyelenggarakan kegiatan Kuliah Umum PGSD 2023 dengan tema “Menjadi Guru Hebat, Berprestasi dan berdedikasi Wujudkan Merdeka Belajar”  dan kegiatan Kuliah Umum ini merupakan agenda wajib yang di laksanakan setiap tahunnya.

Kuliah Umun ini merupakan kegiatan yang wajib diikuti bagi mahasiswa semester 2 program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purworejo. Kegiatan Kuliah Umum PGSD 2023 ini di selenggarakan di Ruang Semiar Kampus Sucen. Dan di hadiri oleh 118 mahasiswa yang terdiri dari (111) mahasiswa semeter 2 dan (7) mahasiswa semester 4. Selain itu kegiatan Kuliah Umum PGSD 2023 ini di hadiri juga oleh dosen PGSD Universitas Muhammadiyah Purworejo dan beberapa kepala sekolah SD Muhammadiyah se-Purworejo.

 Pada Kuliah Umum ini, tujuan umum dari kegiatan adalah untuk membekali para mahasiswa PGSD mengenai kurikulum merdeka sehingga mendapatkan output menjadi guru yang hebat, berprestasi dan berdedikasi di era modern. Sehingga panitia Kuliah Umum PGSD 2023 kali ini menghadirkan seorang pembicara sekaligus pemateri yang berkompeten pada bidang tersebut. Pemateri sekaligus pembicara Kuliah Umum PGSD 2023 adalah Ainul Huri, S.Pd.I, M.Pd yang merupakan Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Plus Salatiga. Pada kesempatan tersebut bapak Ainul Huri menyampaikan materi yang dapat menumbuh kembangkan pendidik untuk menanamkan karakter guru SD yang dapat mengemban profesi sebgai guru yang inovatif.

Kegiatan ini dibuka dengan pembacaan basmallah oleh MC Kuliah Umum PGSD 2023 Syifa Zein Aulia dan Ahmad Fatkhurrohman. Setelahnya dilanjutkan sambutan dari Ketua Panitia Pelaksana Kuliah Umum PGSD 2023 Universitas Muhammadiyah Purworejo yaitu Femi Hidayati, lalu di sambung dengan sambutan dari Ketua Umum HIMA PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo Nabila Khoerunisa dan dilanjutkan sambutan dari Kaprogdi PGSD Universitas Muhammadiyah Purworejo yang pada kesempatan kali ini berhalangan hadir sehimgga di wakilkan oleh Sekprogdi yaitu Muflikhul Haq M.Pd.

Pada kegiatan Kuliah Umum kali ini, menampilkan beberapa acara selama kegiatan berlangsung. Di mana acara pertama di buka dengan tarian Ndolalak yang di tampilkan beberapa pengurus HIMA PGSD antara lain Ahmad Solehudin, Purba Muhammad Sidiq, Heny Amalia, Livvia Chusnul Komatfiyah, Fatma Nur Aulia, dan Meita Nur Ayumi. Dan setelah itu di lanjutkan penampilan musikali Puisi oleh Femi Hidayati.

Dan acara inti Kuliah Umum PGSD 2023 kali ini adalah pemaparan materi. Dimana acara ini di moderatori oleh Tafhim Nur Falah yang merupakan mahasiswa semeter 6 jurusan PGSD dan juga Wakil Ketua Umum HIMA PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo. Pada acara tersebut bapak Ainul Huri menyampaikan sekaligus memaparkan materinya kurang lebih selama 90 menit. Dimana materi yang di sampaikan membahas kiat-kiat mudah menjadi seorang guru yang hebat, berprestasi dan berdedikasi yang di mana salah satu materi yang di sampaikan adalah menjadi guru sekarang bukan hanya menyampaikan materi pembelajaran saja akan tetapi mejadi teladan dan uswatun khasanah bagi seorang siswa. Selama pemaparan materi berlangsung terlihat banyak sekali antusias dari pada mahasiswa, dimana banyak dari mereka yang maju kedepan dan mendapatkan hadiah berupa buku karangan siswa SD Muhammadiah Plus Salatiga setelah menjawab pertanyaan dari bapak Ainul Huri. Dan setelah itu di lanjutkan sesi Sharing Sesion kurang lebih selama 20 menit di mana ada 4 pertanyaan yang di tanayakan kepada pemateri bapak Ainul Huri.

Setelah selesai acara pemaparan materi, acara di lajutkan dengan penyerahan Piagam Penghargaan kepada pemateri bapak Ainul Huri oleh Penanggung Jawab kegiatan Kuliah Umum 2023 ibu Nur Ngazizah S.Si, M.Pd.

Dan pada acara penutupan ada penampilan seni musik recorder pianika yang di bawakan oleh beberapa mahasiswa semester 6 yang di antaranya, pemegang recorder : Nabila Khoerunisa, Syahla Laelatulfi, Dwi Nursanti, Zahdinny Mucharina Fadhillah, Ana Tri Lestari dan Esafani Auraningtyas. Dan pemegan Pianika : Recika Rana Harayo dan Dwi Nugraeni. dan setelahnya adalah acara penutupan yang di tutup oleh MC.